Tips Memilih Parfum Wanita Sesuai dengan Kepribadian

Tips Memilih Parfum Wanita Sesuai dengan Kepribadian

Tips Memilih Parfum Wanita Sesuai dengan KepribadianParfum umumnya bagi sebagian orang hanya digunakan sebagai wewangian saja. Namun tahukah Anda parfum sebenarnya bisa juga digunakan untuk meningkatkan kepercayaan diri, memperbaiki mood, menurunkan kadar stress, hingga bisa digunakan untuk menunjukkan kepribadian seseorang. Seperti halnya wanita, parfum juga memiliki tipe-tipe tertentu. Tiap-tiap parfum wanita akan memiliki keharuman berbeda yang cocok untuk tipe wanita tertentu. Faktor ini saling berhubungan sehingga tidak heran jika dikatakan parfum bisa mencerminkan kepribadian serta selera seseorang.

Meskipun parfum mudah ditemukan di toko-toko maupun situs belanja online, namun ternyata memilih parfum yang tepat sesuai dengan karakter termasuk sulit untuk dilakukan. Anda harus mengetahui kategori utama parfum. Yang mana selebihnya aroma parfum merupakan perpaduan dari kategori utama. Saat membeli parfum, jangan terburu-buru untuk menentukan. Anda bisa mencoba testernya terlebih dahulu dengan cara menyemprotkan pada bagian tubuh dan diamkan selama beberapa saat agar baunya bisa menyesuaikan dengan tubuh Anda. Terkadang bau parfum akan jauh lebih enak tercium setelah bercampur dengan keringat. Namun ada juga yang baunya menjadi lebih menyengat setelah bercampur dengan keringat. Hal ini dikarenakan reaksi zat kimia pada parfum dan zat kimia pada tubuh Anda bercampur menjadi satu.

Parfum wanita memiliki empat kategori utama, antara lain sebagai berikut.

  1. Floral.

Untuk kategori pertama, yaitu floral maka bisa dibayangkan dari namanya jika aroma parfum yang satu ini berasal dari bunga. Parfum pada kategori ini bisa dipakai kapan saja. Keharuman bunga membuat parfum ini berbau lembut serta feminin. Salah satu contoh parfum floral yang cukup populer adalah Chanel No. 5.

  1. Woody.

Di kategori kedua ada woody. Aroma woody berasal dari minyak dan kulit kayu atau kulit pohon tertentu. Parfum yang masuk dalam kategori ini memiliki aroma yang sangat membumi. Wanginya terasa segar dan hidup namun tetap terasa lembut, seperti contohnya Angel Perfume by Thierry Mugler.

  1. Citrus.

Di kategori ini terkenal dengan keharuman buh-buahan yang segar. Aroma citrus bisa digunakan baik pada siang maupun malam hari. Contoh parfum yang tergolong aroma citrus adalah Believe by Britney Spears.

  1. Orinetal.

Kategori yang satu ini memiliki wangi yang kuat dengan aroma manis yang dan rempah. Pengguna untuk kategori oriental mudah untuk menarik perhatian dari wangi parfum yang dikenakannya. Salah satu contoh parfum yang termasuk dalam kategori ini adalah Poison by Christian Dior.

Kekuatan aroma parfum juga sangat bergantung dari konsentrasi minyak aromatik yang terkandung di dalamnya. Parfum yang berkualitas tinggi biasanya akan dijual dengan harga yang mahal dan berbentuk botol kecil dengan konsentrasi tinggi sekitar 20 %.

Untuk parfum yang lebih umum memiliki konsentrasi minyak aromatik yang lebih rendah, seperti berikut ini:

  • Eau de perfume, memiliki kandungan minyak aromatik di dalamnya sekitar 7-15 %. Parfum ini memiliki bau yang tahan lama.

  • Eau de toilette, memiliki kandungan minyak aromatik sekitar 4-6 %.

  • Eau de cologne, memiliki kandungan minyak aromatik sekitar 5 % dengan selebihnya adalah campuran athabol.

Saat ini ada juga parfum yang dikategorikan ke dalam Green, Chypre, dan Fougere. Kategori ini muncul juga seiring dengan perkembangan teknologi dan industri. Selain itu selera masing-masing orang terhadap parfum juga bervariasi dan berubah-ubah. Sehingga banyak bermunculan sub kategori dan variasi parfum. Mengingat jika saat ini sudah banyak sekali bermunculan banyak sekali jenis parfum yang beragam, maka saat memilih parfum wanita nikmati waktu Anda hingga menemukan pilihan yang tepat. Parfum yang Anda pilih akan mencerminkan signature Anda.