5 Langkah Menghindari Penipuan Online saat Melakukan Transaksi

5 Langkah Menghindari Penipuan Online saat Melakukan Transaksi

Kecanggihan teknologi memang telah memudahkan berbagai aktivitas secara online, hanya saja tetap harus berhati-hati dalam melakukan transaksi. Banyak oknum-oknum tak bertanggung jawab yang menyalahgunakan teknologi untuk melakukan penipuan. Berikut ini langkah untuk menghindari penipuan online saat melakukan transaksi dengan mudah dan cepat.

  • Waspada Harga Murah

Biasanya hal ini terjadi pada proses belanja online seperti baju atau pun barang-barang lain yang pemesanannya menggunakan aplikasi. Anda akan ditawarkan harga yang murah sehingga membuat tergiur dan melakukan transaksi tanpa berpikir panjang. Tetaplah untuk mengutamakan belanja di akun resmi yang telah biasa digunakan agar terhindar dari penipuan.

  • Jangan Memberikan Kode Verifikasi

Ada saja nomor tak dikenal yang akan menghubungi dan memberikan berbagai promo bahkan hadiah untuk melakukan penipuan online. Anda bahkan dibuat tidak sadar dengan penipuan yang sedang dilakukan karena diberikan iming-iming berupa hadiah yang banyak dalam waktu singkat.

Ketika mendapatkan telepon yang mengaku dari pihak penjual maka pastikan terlebih dahulu nomor yang digunakan adalah nomor kantor. Jika menggunakan nomor kartu biasa lakukan pemeriksaan ke call center yang bersangkutan dari promo yang akan diberikan untuk memastikan.

Jangan pernah memberikan nomor verifikasi yang masuk lewat sms di kartu Anda. Pihak pemberi hadiah yang asli tidak akan meminta nomor verifikasi karena mereka memiliki data secara lengkap. Pihak yang asli atau resmi bisa mengetahui nomor verifikasi itu secara mudah karena mereka yang melakukan pengiriman.

  • Lakukan Pemeriksaan Testimoni

Testimoni bahkan hari ini tidak bisa menjadi jaminan dari keaslian sebuah akun penjual untuk bisa dipercaya melakukan transaksi online. Teknologi saat ini telah bisa melakukan manipulasi terhadap testimoni ya ada. Jadi penting untuk Anda melakukan pemeriksaan testimoni dengan meminta foto asli dari barang yang akan dipesan.

Foto ini bisa menjadi salah satu menguat bahwa akun tersebut tidak akan melakukan penipuan online yang akan merugikan. Jika pemberian foto tidak dilakukan sebaiknya hindari untuk melakukan transaksi. Pastikan pula website dari akun tersebut yang akan dilakukan transaksi adalah resmi.

  • Hati-Hati dalam Pendaftaran Website

Penipuan juga dapat dilakukan lewat pendaftaran website. Anda akan diminta melakukan pendaftaran dengan adanya instruksi memasukan data penting berupa rekening atau kartu kredit. Jika hal ini terjadi hentikan untuk melakukan transaksi tersebut.

Data-data sensitif tidak diperlukan untuk memproses transaksi yang diperlukan. Data itu hanya akan diminta bagi mereka yang ingin melakukan penipuan untuk membobol rekening yang dimiliki. Segera lakukan pemblokiran rekening sementara jika Anda terlanjur memberitahu data pribadi dengan menelepon call center.

  • Menggunakan Transaksi Uang Online

Cara untuk bisa lebih aman dalam melakukan transaksi dengan menggunakan uang online. Transaksi akan lebih aman karena setiap proses membutuhkan verifikasi nomor pin agar bisa diproses. Jumlah uang yang akan diambil pada akun tersebut pun membutuhkan data lengkap KTP.

Aplikasi yang bisa digunakan untuk transaksi uang online secara aman adalah www.sobatku.co.id. Pendaftaran bisa dilakukan melewati website tersebut dengan aman dan cepat secara gratis. Setiap bulannya Anda tidak akan dikenakan biaya administrasi dan juga tidak ada biaya apa pun selama transaksi termasuk biaya pulsa.

Dalam kecanggihan teknologi hari ini Anda harus cerdas dan cermat dalam melakukan belanja online mengingat berbagai penipuan online yang sering terjadi. Kasus penipuan ini sangat sulit untuk diselesaikan karena oknum dapat menghilang dengan cepat. Pastikan apapun yang akan dibeli telah dipastikan keakuratan akun dan sebagainya dengan sangat teliti dan pasti.