7 Daftar Kopi Enak Indonesia yang Mendunia

7 Daftar Kopi Enak Indonesia yang Mendunia

Indonesia tak hanya kaya akan rempah-rempah, namun juga kaya akan jenis  kopi. Biji kopi  yang dipanen dari berbagai wilayah di Indonesia memiliki ciri khas rasa yang bervariasi. cita rasa yang khas ini mampu membawa kopi Indonesia hingga ke mancanegara. Lebih jelasnya, simak 7 daftar kopi enak dari berbagai wilayah Indonesia yang telah mendunia.

1.      Kopi Jawa

Kopi yang ditanam di tanah Jawa ini telah menghasilkan beberapa merek dagang yang telah mendunia. Kopi ini telah ada sejak abad ke-17 oleh Kolonial Belanda serta berhasil menjadi salah satu produsen kopi  terbesar di dunia. Memiliki rasa kopi yang lembut dan berasa asam.

2.      Kopi Toraja

Sesuai namanya, kopi ini berasal dari daerah Indonesia, tepatnya di Toraja. Kopi ini mulai banyak diproduksi hampir di kawasan Indonesia timur. Hampir semua jenis kopi ini memiliki rasa asam namun rasa asamnya tidak akan tertinggal di lidah.

3.      Kopi Arang

Kopi Arang berasal dari daerah Jember, Jawa timur dan memproduksi kopi terbesar setelah kota Malang. Seperti namanya, kopi ini diproses menggunakan arang kayu bakar. Caranya cukup unik yaitu biji kopi digosongkan dengan arang. Rasa yang  dihasilkan tidak terlalu pahit dan memiliki aroma unik yang hampir mirip seperti aroma cabai.

4.      Kopi Robusta

Kopi ini memiliki ciri-ciri biji berbentuk oval dan berukuran besar. Hidup di lingkungan yang sejuk seperti di Temanggung, Jawa Tengah. Wilayah penghasil kopi robusta yang mendunia. Kopi ini juga dapat hidup di lingkungan yang cukup panas, dimana kopi jenis Arabika tidak dapat tumbuh. Bercita  rasa lebih pahit dan sedikit asam dengan kandungan kafein lebih tinggi.

5.      Kopi Arabika

Jenis kopi yang paling dikenal karena kopi ini tersebar hampir di seluruh dunia. Tumbuh di daerah yang sejuk dan dingin sesuai lingkungan di Indonesia. Lingkungan tumbuh Kopi Arabika di Indonesia menghasilkan rasa yang berbeda dan dapat bersaing di pasar dunia. Ukuran biji lebih kecil dengan kandungan kafein rendah dan rasa serta aroma yang lebih nikmat.

6.      Kopi Excelsa

Kopi ini tak hanya diproduksi di luar negeri tetapi juga dapat hidup di Indonesia. Terutama di daerah Tanjung Jabung Barat, Jambi. Pohon dari kopi ini toleran terhadap ketinggian sekaligus dapat tumbuh di dataran rendah mulai 0-750 mdpl. Memiliki bentuk daun besar dengan warna hijau keabuan. Kulit buah lembut dan mudah dikupas.

7.      Kopi Luwak

Kopi  yang berhasil dinobatkan menjadi  kopi enak  termahal di Indonesia dan di dunia pada masanya. Jenis kopi pertama yang berasal dari Indonesia ini  diproses dengan cara fermentasi alami di dalam tubuh luwak. Kopi yang keluar bersama dengan kotoran luwak akan dipisahkan lalu diolah. Memiliki rasa lembut dengan sentuhan fruity dan memiliki sensasi  rasa yang eksotis.

Beberapa daftar kopi enak dari berbagai wilayah di Indonesia telah disebutkan di atas. Selain daerah Indonesia barat dan Timur, Indonesia Tengah seperti Bali juga memproduksi kopi dengan varian rasa campuran jeruk bali. Kopi Indonesia dengan rasa unik yang  juga berhasil menembus pasar dunia.