Apa Itu Datang Bulan? Inilah Hal-Hal Penting Yang Perlu Diketahui

Apa Itu Datang Bulan? Inilah Hal-Hal Penting Yang Perlu Diketahui

Topik seputar menstruasi atau yang lebih dikenal dengan datang bulan masih dianggap tabu bagi sebagian kalangan. Hal ini membuat banyak kalangan terutama remaja putri kadang sering bertanya apa itu datang bulan yang sebenarnya. Hal ini lumayan memprihatinkan sebab ini menandakan jika masih banyak yang belum memahami kondisi tubuhnya dengan baik.

Mengenal Fakta Seputar Menstruasi

Menstruasi merupakan hal yang sangat normal terjadi jika tidak ada proses kehamilan. Namun, sayangnya masih banyak perempuan khususnya yang baru puber belum mengetahui seluk beluk seputar menstruasi. Lalu, apa saja fakta-fakta menstruasi yang perlu kalian ketahui? Berikut daftarnya.

  1. Perbedaan antara menstruasi dan sindrom pramenstruasi (PMS)

Masih banyak perempuan yang belum bisa membedakan antara menstruasi dan PMS. Padahal, keduanya sangat berbeda meskipun masih saling berhubungan. PMS sendiri sebenarnya adalah sekumpulan gejala yang muncul sebelum terjadi menstruasi. Gejala PMS sendiri berbeda-beda pada tiap perempuan. Ada yang merasa nyeri dada, muncul jerawat bahkan hingga mengalami perubahan suasana hati.

Sementara itu, menstruasi merupakan hal yang normal terjadi bagi perempuan yang sehat. Ini merupakan siklus hormonal yang sangat normal dimana setiap bulan perempuan akan mengeluarkan cairan berupa darah dan sebagainya akibat dinding rahim yang menebal dan meluruh karena tidak terjadi pembuahan.

  1. Siklus menstruasi

Belum banyak yang tahu jika siklus menstruasi antara perempuan dewasa dengan remaja itu berbeda. Perempuan dewasa biasanya memiliki siklus antara 21-35 hari sementara untuk remaja sekitar 21-45 hari. Hal ini wajar karena seiring dengan bertambahnya usia maka siklus menstruasi akan semakin pendek dan lebih teratur.

  1. Gangguan menstruasi

Nyeri ketika menstruasi adalah hal yang sangat wajar. Namun, selain nyeri ada juga berbagai gangguan menstruasi lain yang sering dijumpai khususnya pada perempuan dewasa. Dua gangguan yang paling umum adalah amenore dan dismenore.

Amenore merupakan gangguan kesehatan yang membuat seorang perempuan tidak mendapatkan menstruasi secara rutin. Ada 2 jenis amenore yaitu primer dan sekunder. Amenore primer merupakan kasus dimana seorang perempuan belum mengalami menstruasi hingga berusia 16 tahun. Sementara itu, amenore sekunder adalah siklus menstruasi yang berhenti secara tiba-tiba.

Selanjutnya adalah dismenore atau nyeri saat atau menjelang menstruasi. Rasa nyeri akibat gangguan ini sangat parah sehingga kadang membuat penderitanya tidak bisa melakukan apa-apa. Bahkan, rasa nyerinya bisa menyebabkan penderitanya tidak sadarkan diri.

Selain fakta-fakta di atas, sebenarnya masih banyak seluk-beluk menstruasi yang tidak kalah penting untuk diketahui khususnya oleh remaja. Salah satu contohnya adalah memilih pembalut yang baik atau cara menjaga kebersihan diri selama menstruasi. Oleh sebab itu, bagi kalian yang ingin tahu informasi lebih lanjut tidak adalahnya untuk mengunjungi situs charmgirlstalk.com.

Situs yang diprakarsai oleh Charm ini menyediakan banyak sekali informasi seputar masalah menstruasi baik untuk anak remaja tapi juga orang tua. Dengan begitu, para orang tua tidak perlu malu atau ragu ketika anak mulai bertanya apa itu datang bulan. Sebab, selain isinya penting, bahasa yang digunakan juga mudah untuk dipahami.