Asuransi Kebakaran

Asuransi Kebakaran, Resiko yang Dijamin dan Pengecualiannya

Dalam asuransi properti terdapat pembagian proteksi lagi berdasarkan jenis resiko, salah satunya adalah Asuransi Kebakaran. Objek asuransi ini antara lain rumah tinggal, apartemen, atau properti untuk bisnis seperti kantor, gudang, ruko, pabrik, mall dan rumah sakit. Karena musibah kebakaran bisa saja terjadi kapan saja dan tidak dapat kita duga, dampaknya bisa sangat merugikan pemilik bangunan. Jika bangunan itu tidak memiliki Asuransi Kebakaran, jelas kita akan terbebani biaya yang sangat besar untuk membangun kembali semuanya dari nol. Uang akhirnya terkuras habis akibat tidak direncanakannya asuransi kebakaran dari awal.

Mengetahui ada kecemasan-kecemasan semacam itu di masyarakat akhirnya suatu perusahaan asuransi mengeluarkan produk Asuransi Kebakaran ini untuk memberikan ganti-rugi atas harta-benda yang ikut terbakar dalam bangunan tersebut beserta biaya membangun kembali bangunan tersebut. Dalam memilih asuransi properti terbaik, pastikan polisnya memberikan jaminan ganti rugi akibat kebakaran juga, karena ini merupakan hal mendasar yang sudah ditentukan dalam Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia yang telah diketahui Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI).

Risiko yang Dijamin dalam Asuransi Kebakaran, antara lain:

  1. Kebakaran

Asalkan penyebab kebakaran tidak disebabkan oleh hal-hal yang bodoh dalam artian secara logika tindakan itu dapat menyebabkan kebakaran tapi masih tetap saja dilakukan, maka perusahaan akan menanggung segala kerugian yang terdaftar dalam polis. Kebakaran yang berasal dari tegangan listrik, kompor gas dll yang intinya berasal dari benda lain yang berada di luar kontrol pemilik rumah atau bangunan juga akan ditanggung kerugiannya.

  1. Petir

Sambaran petir juga bisa menyebabkan kebakaran. Musibah semacam ini juga masuk dalam jaminan risiko asuransi kebakaran. Peralatan listrik atau instalasi listrik apabila terbakar karena petir juga masuk ke dalam jaminan asuransi kebakaran.

  1. Ledakan

Pengertian ledakan di sini ialah pelepasan tenaga secara tiba-tiba karena mengembangnya gas atau uap. contohnya, ruang sauna atau pipa meledak sampai menyisakan robekan terbuka. Ledakan akibat reaksi kimia seperti yang terjadi di pabrik yang memproduksi bahan kimia tertentu juga masuk dalam jaminan.

  1. Kejatuhan Pesawat Terbang

Ini hal yang tidak pernah diharapkan namun bisa terjadi kapan saja, yakni jatuhnya pesawat terbang. Apabila kejadian ini mengakibatkan kebakaran maka asuransi memberikan proteksi dalam bentuk ganti rugi. Dengan syarat, hal tersebut terjadi karena benturan fisik pesawat terbang terhadap benda yang diasuransikan, termasuk bangunan beserta harta bendanya.

Risiko yang Dikecualikan dalam Asuransi Kebakaran, meliputi:

  • Kerusakan pada harta benda tidak dijamin bila sebabnya adalah pencurian, dan hal-hal yang mengandung unsur kesengajaan dari pihak tertanggung, gempa bumi, kebakaran hutan atau semak atau alang-alang atau gambut, reaksi nuklir, letusan gunung, tsunami, bahan peledak, dan macam-macam gangguan usaha.
  • Kerusakan pada harta benda tidak dijamin apabila sebabnya adalah angin topan atau badai, tertabrak kendaraan, asap industri, tanah longsor, banjir, genangan air, dan pembersihan puing-puing.
  • Harta benda berikut mendapat pengecualian (lain halnya bila harta benda tersebut masuk kategori yang diasuransikan), yaitu: barang-barang yang bukan dimiliki si tertanggung, kendaraan bermotor, naskah-naskah, alat-alat berat, lokomotif, pesawat terbang, kapal laut, logam mulia atau perhiasan atau batu permata atau batu mulia, rencana, gambar atau desain atau pola, model atau tuangan, cetakan, barang antik atau barang seni, efek-efek atau obligasi atau saham, surat berharga atau dokumen penting, komputer atau chip, fondasi atau bangunan bawah tanah, pagar, pohon kayu atau tanaman, hewan, taman, tanah, saluran air, bendungan, jalan, landas pacu, jalur rel, waduk, kanal, pengeboran minyak, sumur, pipa dalam tanah, kabel dalam tanah, terowongan, jembatan, galangan, dermaga.

Biasanya ketika membeli asuransi properti untuk bisnis, cakupannya perlindungannya bisa diperluas ke hal-hal yang tidak bisa ditanggung Asuransi Kebakaran. Jadi pastikan dahulu Anda mempelajari polis sebelum membeli.

Informasi lengkap asuransi properti dan kebakaran klik link berikut dan dapatkan promo menarik asuransi lainnya https://www.asuransiku.id/produk-asuransi/property/asuransi-rumah .