Bagaimana Perubahan Tubuh Setelah Proses Pembuahan Terjadi?

Bagaimana Perubahan Tubuh Setelah Proses Pembuahan Terjadi?

Kabar kehamilan menjadi satu hal yang sangat dinantikan oleh pasangan yang sedang pelakukan program kehamilan. Hal tersebut biasanya dapat terlihat setelah kandungan berusia beberapa minggu. Namun jika Anda tidak sabar menunggu kabar kehamilan, Anda bisa mulai memperhatikan perubahan tubuh yang terjadi akibat terjadinya proses pembuahan berikut ini.

Kram Perut

Kram perut merupakan perubahan yang biasa terjadi pada tubuh wanita ketika menjelang atau sedang dalam masa menstruasi. Namun kram ini juga bisa menjadi pertanda bahwa pembuahan telah terjadi dalam tubuh Anda.

Jika kram ketika mestruasi terjadi dalam waktu yang lama disertai intensitas rasa sakit teramat sangat, maka kram perut sebagai penanda telah terjadinya pembuahan ini terjadi dalam waktu singkat sekitar beberapa jam atau sehari disertai rasa sakit yang ringan.

Nyeri Punggung

Selain kram perut, nyeri punggung juga biasa terjadi sebagai tanda berhasilnya proses pembuahan. Hal ini terjadi karena perubahan hormon yang terjadi pada tubuh, sehingga menyebabkan beberapa anggota tubuh lain terasa nyeri.

Pendarahan Ringan

Ketika proses pembuahan berhasil dilakukan, maka bakal janin akan menempel pada dinding rahim sebagai tempat tumbuh kembangnya kelak. Proses ini bisa menyebabkan dinding rahim tergores dan mengeluarkan darah. Biasanya hal ini akan terjadi 10 hingga 14 hari setelah pembuahan berlangsung.

Namun berbeda dengan darah menstruasi yang cenderung banyak, pendarahan akibat menempelnya bakal janin ini termasuk ringann dan tak jarang hanya sebagatas flek saja. Warna darah yang keluar bisa berupa merah mudah atau kecoklatan, tergantung seberapa lama pendarahan terjadi.

Meningkatnya Suhu Basal Tubuh

Ketika wanita hamil bangun tidur di pagi hari, maka suhu tubuhnya akan meningkat drastis. Hal ini juga terjadi akibat perubahan hormon di dalam tubuh, sehingga Anda perlu mengukur suhu tubuh untuk melihat apakah terjadi perubahan atau tidak. Suhu tubuh wanita hamil bisa mencapai 37,4 -37,5o C dan biasanya akan hilang dengan sendirinya dan tidak perlu obat.

Perubahan Payudara

Payudara termasuk organ tubuh vital wanita dan pastinya akan mengalami perubahan yang nyata ketika telah terjadi pembuahan di dalam tubuh. Biasanya payudara akan menjadi lebih sensitif dan cenderung sakit ketika di sentuh. Ia pun akan terasa lebih lembut dan sesekali terasa gatal.

Keinginan Buang Air Meningkat

Jika Anda merasa tidak mnegonsumsi banyak air minum namun intensitas buang air kecil semakin meningkat, maka hal tersebut bisa menjadi salah satu tanda awal kehamilan. Hal ini terjadi karena timbulnya hormon hCB yang sebab aliran darah menuju vagina semakin meningkat.

Itulah beberapa peruabahn tubuh setelah proses pembuahan berhasil dilakukan. Jadi tanda apa saja yang sudah mulai Anda rasakan? Jika Anda ingin mengetahui banyak informasi mengenai kehamilan, silahkan kunjungi orami.co.id. Anda akan segera menemukan banyak informasi menarik seputar kehamilan dan tips parenting dari Orami Magazine.