Cara Mengatasi Sakit Gigi Secara Alami agar Tak Kambuh Lagi

Cara Mengatasi Sakit Gigi Secara Alami agar Tak Kambuh Lagi

Sakit gigi bisa dialami siapa saja tanpa pandang bulu. Banyaknya faktor penyebab, juga memicu siapapun bisa mengalaminya. Persoalan sakit gigi ini harus segera diatasi agar tidak semakin parah. Cara mengatasi sakit gigi secara alami sangat dibutuhkan untuk menangani secara optimal, tanpa efek samping. Proses penanganan yang berlangsung alami juga membuatnya tak kambuh lagi.

  1. Air Garam

Tips pengobatan pertama adalah dengan air garam. Caranya adalah berkumur dengan air garam yang terbuat dari campuran ½ sendok teh garam dan satu gelas air. Setelah jadi, gunakan air garam tersebut untuk berkumur selama lebih kurang 30 detik. Dari segi khasiatnya, air garam ini berfungsi sebagai desinfektan alami yang mampu meredakan peradangan di gigi dan gusi nyeri.

  1. Es Batu

Saat mengalami sakit gigi, tidak selalu harus mengonsumsi obat medis. Hal ini juga berlaku bagi anak-anak yang juga lebih baik disembuhkan secara alami. Penanganan dengan kompres dingin bisa mengurangi dan menyembuhkan sakit gigi.

Gusi yang bengkak juga dapat disembuhkan. Caranya juga cukup aman dan mudah. Lapisi es batu dengan kain atau handuk lembut yang bersih, lalu tempelkan di bagian pipi yang dekat dengan gigi sakit. Lakukan selama 20 menit dan ulangi lagi setiap berapa jam sekali.

  1. Bawang Putih

Bawang putih memang mampu menyembuhkan sakit gigi. Rasa sakit pada gigi bisa reda karena pengobatan alami menggunakan bawang putih. Menurut pakar di bidang gizi dan nutrisi dari Australia, bawang putih mengandung zat antiseptik yang ampuh bunuh bakteri, termasuk kuman yang bersarang pada lubang gigi penyebab sakit gigi.

Cara mengatasi sakit gigi dengan bawang putih ini sangat mudah yaitu dengan menumbuk bawang putih hingga halus dan membentuk pasta. Berikutnya, letakkan pasta tersebut pada bagian gigi yang sakit. Penanganan ini sangat tepat dilakukan agar sakit gigi segera hilang.

  1. Lidah Buaya

Selain terkenal sebagai bahan alami perawat rambut dan kulit, lidah buaya juga mampu mengobati sakit gigi. Gel lidah buaya ini ampuh mengatasi nyeri di gusi akibat sakit gigi. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa lidah buaya ini mengandung zat antibakteri yang alami dan mampu menghancurkan kuman penyebab kerusakan gigi.

  1. Kunyit

Kunyit juga terkenal sebagai obat alami yang ampuh mengatasi aneka gangguan kesehatan, termasuk sakit gigi. Senyawa curcumin pada kunyit berkhasiat sebagai zat antioksidan, antiinflamasi, dan antibakteri. Karenanya, kunyit bisa dipakai sebagai obat alternatif alami sakit gigi. caranya tinggal memarut kunyit dan meletakkan parutan di area gigi yang sakit.

  1. Biji Asam Jawa

Asam Jawa punya biji yang sangat berkhasiat mengatasi sakit gigi sampai hilang rasa nyerinya. Cara pakainya adalah dengan menyangrai biji asam jawa hingga kering dan tumbuk sampai menjadi tepung. Setelah itu, larutkan sedikit dengan air hingga mengental. Letakkan di area gigi yang sakit.

Penanganan sakit gigi dengan bahan alami memang tidak kalah ampuh dengan obat medis. Khasiat dari bahan alami di atas sangat ampuh mengatasi sakit gigi secara efektif. Tata cara mengatasi sakit gigi dari setiap bahan tersebut juga sangat mudah dipelajari. Situs parenting.orami.co.id juga banyak memberikan tips menjaga kesehatan gigi dan penyembuhan sakit gigi secara alami.