Cari Tahu Lebih Dalam Tentang Penyakit Jantung dan Cara Pencegahan yang Tepat Yuk

Cari Tahu Lebih Dalam Tentang Penyakit Jantung dan Cara Pencegahan yang Tepat Yuk

Penyakit jantung merupakan istilah ketika jantung mengalami gangguan dan bisa menimbulkan beberapa penyakit kronis lebih lanjut. Umumnya penyakit ini mempunyai beberapa gejala berbeda yang dirasakan setiap penderitanya. Oleh karena itu, cara penanganan dan pencegahan juga cukup bervariasi tergantung jenis penyakit.

Seputar Penyakit Jantung, Gejala dan Pencegahannya

  • Jantung koroner

Merupakan penyakit yang terjadi karena menyempitnya pembuluh darah di jantung. Penyakit jantung ini memiliki gejala nyeri di bagian dada, sesak nafas, nyeri hingga menjalar ke sisi lengan kiri atau rahang. Beberapa faktor yang menyebabkan penyakit ini antara lain yaitu merokok, kurang berolahraga dan gaya hidup tidak sehat lainnya.

  • Infeksi jantung

Endocarditis atau infeksi jantung merupakan penyakit ketika lapisan jantung mengalami infeksi. Adapun gejala penyakit ini berupa sesak nafas, denyut tidak teratur, demam, batuk tungkai dan perut membengkak. Faktor penyakit ini adalah virus dan bakteri salah satunya yaitu Streptococcus beta hemolyticus grup A.

  • Gagal jantung

Penyakit berikutnya yaitu gagal jantung yang terjadi akibat gagalnya otot jantung memompa darah yang dialirkan ke seluruh tubuh. Tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, gejala penyakit ini berupa napas terasa sesak saat digunakan berbaring, saat digunakan aktivitas napas terasa lebih berat, tungkai membengkak dan perut mulai membesar.

Sementara itu, gagal jantung bisa terjadi jika katup jantung mengalami kelainan, mempunyai riwayat jantung koroner serta infeksi jantung. Bisa dibilang, penyakit ini terjadi ketika kondisi jantung sudah parah.

  • Penyakit bawaan 

Sesuai namanya, penyakit bawaan pada jantung ini umumnya terjadi mulai bayi dan jenis yang paling sering ditemui adalah kebocoran katup jantung. Beberapa gejala penyakit ini adalah mata dan tungkai membengkak, berat badan tetap, sesak serta badan mulai biru saat menangis maupun menyusu. Selain turunan penyakit ini bisa disebabkan oleh obat atau ibu terinfeksi virus rubella.

  • Aritmia

Penyakit ini berupa gangguan denyut jantung sehingga tidak seirama. Gejala yang muncul pada penderita aritmia yaitu jantung berdebar, sesak napas, dada terasa tidak nyaman, terasa melayang dan pingsan. Aritmia bisa terjadi akibat otot jantung mati, kelainan sejak lahir, efek obat, stres, alkohol atau kafein.

  • Cara mencegah penyakit jantung

Cara mencegah penyakit jantung tidak jauh berbeda dengan lainnya yaitu mengatur pola hidup sehat dengan makan makanan sehat, rutin olahraga, menghindari alkohol dan rokok. Sangat sederhana bahkan bisa menghemat keuangan.

Selain cara tersebut, Anda juga bisa mulai mempersiapkan asuransi kesehatan yaitu asuransi penyakit kritis yang ditawarkan Superyou.co.id. Pasalnya, asuransi online ini merupakan investasi keuangan untuk menjamin kesehatan dan segala risikonya.

Ada berbagai jenis penyakit yang mengintai terutama gagal jantung. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menerapkan hidup sehat. Untuk menjamin kesehatan jangan lupa investasikan keuangan dengan asuransi kesehatan di Superyou.co.id.