Informasi Seputar Kapan Masa Subur Wanita dan Cara Meningkatkannya

Informasi Seputar Kapan Masa Subur Wanita dan Cara Meningkatkannya

Masa subur dipunyai oleh pria dan wanita, dimana untuk wanita masa subur adalah masa ovulasi. Masa subur wanita adalah waktu ketika sel telur yang matang sehingga siap untuk dilepaskan yang dapat dibuahi di dalam rahim wanita. Untuk pasangan yang menginginkan anak, masa subur ini merupakan hal yang penting karena menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan untuk kesempatan hamil yang lebih tinggi. Oleh karena itulah penting untuk menghitung kapan masa subur wanita yang menjadi salah satu faktor yang akan menentukan kehamilan.

Dimana untuk menghitung masa subur wanita, ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti berikut ini:

  • Metode kalender merupakan cara yang paling umum untuk mengetahui masa subur wanita. Dimana hal ini akan membutuhkan juga waktu menstruasi yang akan dengan membantu menghitung masa subur wanita. Akan tetapi untuk cara ini biasanya akan sulit untuk wanita yang mempunyai waktu menstruasi yang tidak pasti setiap bulannya.
  • Cara selanjutnya untuk menghitung masa subur adalah dengan mengecek lendir serviks. Dimana untuk masa subur biasanya akan membuat vagina lebih mempunyai lendir dibanding biasanya.
  • Cara lainnya adalah dengan mengukur suhu tubuh, dimana untuk masa subur biasanya akan mengalami peningkatan dibandingkan biasanya.
  • Cara terakhir adalah dengan memakai alat prediksi ovulasi yang menggunakan analisis urin sehingga lebih efektif.

Dengan beberapa cara di atas, Anda akan dapat untuk mengetahui masa subur dan meningkatkan kualitas hubungan dengan pasangan agar dapat cepat mempunyai keturunan. Selain dengan memaksimalkan masa subur wanita, cara selanjutnya yang bisa digunakan untuk meningkatkan kehamilan juga bisa dengan meningkatkan kesuburan. Dimana beberapa cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan kesuburan adalah dengan melakukan atau menghindari beberapa hal berikut ini:

  • Menjaga berat badan agar ideal

Langkah pertama yang bisa digunakan untuk dapat meningkatkan kesuburan adalah menjaga berat badan agar ideal. Dimana maksud dari berat badan ideal dalah agar tidak terlalu gemuk ataupun terlalu kurus. Untuk mendapatkan berat badan ideal sendiri sangat mudah yaitu dengan melakukan diet dan olahraga, baik untuk menaikkan berat badan dan juga menurunkan berat badan. Menjaga berat badan ideal ini sangat penting untuk kesuburan karena juga dapat untuk menghambat wanita untuk hamil.

  • Menghindari alkohol dan kopi

Cara selanjutnya untuk meningkatkan kesuburan adalah dengan menghindari alkohol dan kopi. Kebiasaan ini akan berdampak buruk bagi kesuburan yang dipunyai wanita. Dimana apabila mengkonsumsi kopi yang secara berlebihan setiap hari dapat untuk menurunkan kesuburan wanita. Sebaiknya upayakan untuk mengkonsumsi kopi secara wajar setiap harinya yaitu tidak lebih dari 200 mg kafein perharinya. Sedangkan untuk kebiasaan mengkonsumsi alkohol juga mempunyai dampak buruk untuk kesuburan. Dimana biasanya untuk wanita yang mengkonsumsi alkohol dapat menurunkan tingkat kesuburan hingga 60 persen.

  • Pola hidup sehat

Tips terakhir agar cepat hamil selain dengan menghitung kapan masa subur wanita, menjaga berat badan, dan juga menghindari kafein dan alkohol adalah dengan melakukan pola hidup sehat. Cara ini bisa dilakukan dengan berolahraga secara rutin untuk menjaga kesehatan dan juga meningkatkan kesuburan. Hal ini bisa dilakukan baik untuk wanita dan pria untuk dapat meningkatkan kesuburan keduanya. Selain berolahraga, pola hidup lainnya adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat yang dapat memperbesar peluang pembuahan. Pilihlah makanan yang bergizi dan sehat seperti makanan yang mempunyai sumber folat, protein sumber nabati, dan juga mengkonsumsi banyak buah dan sayur.