Inovasi Mudah Mendaftarkan  NPWP Mandiri dan Usaha Secara Online

Inovasi Mudah Mendaftarkan NPWP Mandiri dan Usaha Secara Online

Daftar npwp online saat ini menjadi inovasi untuk memenuhi kewajiban sebagai warga negara yang baik. Seperti yang kita ketahui, NPWP merupakan nomor wajib pajak atau nomor identifikasi wajib pajak yang bisa didapatkan dari direktorat jenderal pajak. Nomor ini harus dimiliki setiap warga negara yang menerima penghasilan di negara kita. Semua itu telah diatur dalam perundang-undangan bidang perpajakan.

Dengan begitu NPWP ini bersifat wajib dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia baik secara perorangan maupun perusahaan dan yayasan. Buat kamu yang belum tahu, NPWP memiliki dua jenis yaitu npwp pribadi dan badan yang mendapatkan penghasilan di negara kita.nah saat ini membuat npwp tidak perlu mendatangi kantor pelayanan pajak terdekat karena bisa dilakukan secara online.

Cara Membuat NPWP Secara Online

Nah buat kamu yang masih asing dengan prosedur ini, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah masuk ke alamat ereg.pajak.go.id. setelah masuk ke alamat tersebut, kamu tinggal mengikuti cara pengisian dan pengisian data-data yang dibutuhkan. Selain itu, kamu juga bisa menghubungi nomor 1500-200 untuk mendapatkan panduan tentang pengisian data di formulir pembuatan NPWP online.

Jika sebelumnya kamu belum pernah mengakses ereg.pajak.go.id, langkah pertama kamu harus membuat akun baru terlebih dahulu. Dalam hal ini, kamu bisa memilih daftar dengan klik daftar untuk mendaftar”. Setelah itu, masukkan email dan alamat lengkap kamu.

Jika alamat dan email sudah diisi dengan benar, kamu akan mendapatkan email dari e-registration kemudian klik untuk mengikuti panduannya. Untuk lebih mudah memahaminya, saya akan berikan panduan pengisiannya.

Yang pertama, isikan jenis wajib pajak yang kamu gunakan, seperti pribadi atau npwp badan.  Jika sudah, isikan nama sesuai dengan nama yang tertulis di KTP,dan tambahkan alamat email jika belum diisi pada bagian awal. Setelah Itu kamu akan diminta untuk mengisikan password sebanyak dua kali. Jika password sudah sesuai, tambahkan nomor hp yang aktif dan akan kamu gunakan.

Selesaikan pengisian kolom kemudian masukan persyaratan yang telah kamu siapkan sebelumnya. Setelah selesai, isi berkas elektronik, klik token kemudian cek email kamu untuk mendapatkan nomor token. Kamu bisa melanjutkan transaksi sesuai dengan petunjuk yang ada, hingga mendapatkan NPWP yang dikirimkan ke alamat yang kamu isikan sebelumnya.

Selain daftar npwp online, saat ini juga terdapat  aplikasi keuangan yang bisa membantu pencatatan keuangan usaha kamu. Aplikasi tersebut adalah BukuKas yang bisa membuat pembukuan transaksi keuangan dengan lebih mudah dan akurat. Jika selama ini kamu masih menggunakan metode manual, saat ini kamu perlu beranjak menggunakan cara yang lebih modern.