Manfaat Olahraga Rumahan Bagi Fisik Anak

Manfaat Olahraga Rumahan Bagi Fisik Anak

Pandemi Covid-19 membuat anak harus selalu berada di rumah dan tetap menjaga daya tahan tubuh. Salah satu langkah menjaga daya tahan tubuh anak yaitu dengan melakukan olahraga, tentunya olahraga yang tetap dilakukan di dalam rumah. Beberapa olahraga seperti senam atau gerakan lain perlu dilakukan untuk mendapatkan manfaat olahraga bagi anak anak.

Olahraga secara umum memiliki manfaat yang begitu besar bagi anak-anak, apalagi dimasa pertumbuhan seorang anak. Hal tersebut memiliki manfaat yang sama baik olahraga lapangan maupun olahraga rumahan. Berikut manfaat olahraga rumahan bagi fisik anak di tengah pandemi.

  1. Memperkuat daya tahan tubuh.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa anak yang tidak berolahraga cenderung akan mudah sakit, karena kurangnya aktivitas jantung yang dilatih sehingga aliran darah kurang lancar. Sehingga ibu perlu mengajak anak untuk menggerakan tubuhnya untuk berolahraga, apalagi di saat pandemi dimana anak harus selalu berada di rumah.

Berolahraga secara spesifik dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak. Karena setiap gerakan yang dilakukan dalam berolahraga dapat memperkuat daya otot dan tulang. Selain itu gerakan-gerakan tertentu dapat berpengaruh baik bagi organ-organ vital anak seperti jantung dan paru-paru.

  1. Menghindari obesitas.

Kurangnya aktivitas di dalam pandemi dapat menyebabkan anak mengalami obesitas atau istilah lain dari kelebihan berat badan. Alasannya, kurangnya aktivitas fisik yang berbanding lurus dengan kebiasaan buruk anak untuk makan dalam jumlah dan intensitas yang besar membuat lemak dalam tubuh anak akan tertumpuk, apalagi jika anak tidak mau berolahraga.

Maka olahraga memiliki peranan penting dalam membantu anak memanajemen berat badan saat berada di rumah. Setiap gerakan yang anak lakukan dalam berolahraga dapat melatih gerakan dalam jantung, sehingga aliran darah dalam proses pencernaan menjadi lebih baik.

Selain itu, lemak dalam tubuh anak akan terbakar karena digunakan sebagai energi dalam melakukan gerakan-gerakan di dalam olahraga.

  1. Memperkuat otot dan tulang

Selain alasan diatas, dalam memenuhi kebutuhan di saat pertumbuhan, anak perlu melakukan olahraga dalam memperkuat daya otot dan tulang dimasa itu. Dengan asupan gizi dan nutrisi yang cukup, maka anak akan tumbuh dan berkembang secara pesat.

Beberapa olahraga yang membutuhkan kekuatan otot secara maksimal seperti naik turun kursi, ataupun lompat tali akan membantu menguatkan otot dan tulang dan anak. Selain itu olahraga tersebut dapat dilakukan di rumah sekalipun.

Namun dalam mencapai semua manfaat dari olahraga perlu asupan gizi yang mencukupi kebutuhan energi sebelum atau sesudah berolahraga. MILO 3in1 merupakan susu energi rasa cokelat yang enak dan disukai anak. Dalam kandungan satu gelas MILO 3in1 akan memenuhi 25% kebutuhan energi anak dalam menjalani aktivitasnya seperti berolahraga.

Kandungan kalsium, protein dan vitamin akan membantu memperkuat otot dan tulangnya dimasa pertumbuhan. Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat olahraga bagi anak anak, anda juga bisa membaca artikel seputar olahraga bagi anak di artikel kami yang lainnya.