Memilih Aneka Minuman Botol yang Tepat untuk Anak

Memilih Aneka Minuman Botol yang Tepat untuk Anak

Banyaknya minuman dalam kemasan saat ini pastinya membuat Anda dan si kecil mudah mendapatkan pelepas dahaga di manapun. Anda bisa menemukannya di tempat yang jual aneka minuman botol dengan harga terjangkau. Namun, tak semua minuman botol tersebut bisa Anda berikan pada si kecil, ya! Apa saja yang boleh dan tak boleh itu?

Minuman Bersoda

Pertama ada minuman bersoda atau minuman berkarbonasi yang akan memberikan efek menggigit saat Anda meminumnya. Minuman ini terbuat dari campuran karbondioksidan dan air. Hanya saja, minuman yang satu ini tidak cocok diberikan kepada anak-anak. Itu dikarenakan kandungan karbohidrat dan gulanya yang sangat tinggi.

Kandungan gula dalam minuman bersoda mampu mencapai 12 sendok teh per kemasannya. Inilah yang bisa memicu terjadinya obesitas ada anak. Selain itu, minuman ini juga bisa mengeluarkan kalsium dari tubuh sehingga akan mempercepat pengeroposan tulang dan gigi yang tentunya tak baik untuk anak-anak.

Teh Instan Kemasan

Teh instan dalam kemasan juga banyak hadir saat ini. Kemasannya juga sangat beragam. Hanya saja, teh instan ini juga tak disarankan diberi pada anak-anak. Kandungan gulanya juga sangat tinggi. Selain itu, teh instan juga mengandung tannin yang bisa menghambat penyerapan zat besi dan memicu timbulnya anemia.

Selain itu, kandungan kafein dalam teh kemasan juga sangat tinggi. Kandungan yang tinggi ini tak bisa dikeluarkan dengan baik oleh tubuh anak sehingga akan merusak fungsi organ vitalnya, terutama ginjal.

Jus Buah Kemasan

Ada juga minuman instan berupa jus buah kemasan. Anda bisa dengan mudah menemukannya di yang jual aneka minuman botol dengan harga terjangkau. Seperti yang Anda tahu, jus buah memang bagus untuk tubuh meski ketika dimasukkan dalam kemasan seperti ini, kandungan gizinya akan berkurang.

Meski begitu, minuman ini masih bisa diberikan pada anak asalkan tidak lebih dari 150 ml per harinya. Itu dikarenakan jus buah dalam kemasan telah mengalami proses penyeterilan dengan cara pasteurisasi yang kurang bagus meski tujuannya untuk menjaga kandungan gizinya.

Minuman Probiotik

Susu fermentasi adalah bahan utama pembuatan dari minuman probiotik. Minuman ini dikenal sangat bagus untuk meningkatkan bakteri baik dalam usus. Meminum minuman probiotik ini juga bisa mencegah diare pada anak. Nah, karena itu minuman dalam kemasan ini aman untuk diberikan pada anak.

Hanya saja, jumlahnya juga tak boleh berlebihan. Jumlah yang disarankan untuk konsumsi minuman probiotik dalam kemasan ini hanya satu sampai dua botol saja per harinya. Khusus balita, Anda hanya boleh memberikannya setengah hingga satu botol saja perhari.

Nata de Coco dan Aloe Vera

Minuman dengan nata de coco dan aloe vera terbuat dari bahan alami yang pembuatannya menggunakan bakteri baik. Selain itu, keduanya juga memiliki kandungan vitamin yang sangat banyak. Kesehatan tubuh bisa terjaga dengan meminum minuman ini.

Anda diperbolehkan memberikan minuman ini pada anak. Hanya saja, jumlahnya juga tak boleh begitu banyak. Maksimal Anda hanya boleh memberikannya dua botol seminggu. Itu dikarenakan keduanya mengandung zat antrakuinon yang bila dalam jumlah besar bisa menyebabkan diare dan dehidrasi pada anak.

Nah, sudah tahu kan minuman botol mana saja yang boleh dan tak sebaiknya diberikan pada anak? Anda memang bisa temukan mereka di yang jual aneka minuman botol seperti di Blibli dengan harga terjangkau. Namun, tetap harus sesuaikan dengan kebutuhan si kecil, kan? Kalau mau beli minuman untuk anak seperti di atas, Anda bisa temukan di Blibli!