Mengenal 5 Jenis Alat Bikin Kopi Manual

Mengenal 5 Jenis Alat Bikin Kopi Manual

Penyajian kopi bisa dilakukan lewat beragam jenis cara. Bagi Anda yang jatuh cinta dengan rasa autentik kopi, maka wajib hukumnya untuk memahami cara penyajian kopi. Ada beragam jenis alat bikin kopi yang juga bisa Anda miliki untuk menghasilkan minuman kopi yang enak.

Peralatan Membuat Kopi

Beragam jenis alat tersedia untuk menghasilkan secangkir kopi yang lezat. Ada yang bisa dioperasikan secara manual dan ada pula yang otomatis. Berikut akan dibahas 5 jenis alat manual yang dipakai untuk membuat kopi.

1.     French Press

Alat seduh kopi pertama yang bisa anda gunakan adalah french press. Alat ini sangat populer di kalangan penyuka kopi. Bentuknya menyerupai teko biasa dan memiliki penyaring di bagian dasar. Anda tinggal memasukkan kopi dan menyeduhnya dengan air panas. Selanjutnya alat ini akan menyaring ampas dengan sempurna.

2.     Vietnam Drip

Alat yang satu ini juga tak kalah populer dari french press. Vietnam drip memiliki bentuk menyerupai cangkir dan di bagian bawahnya terdapat metal yang bisa dikuncikan ke cangkir saji. Untuk menyeduh kopi, alat ini dipasang di atas cangkir saji. Kopi kemudian dimasukkan ke dalam alat lalu diseduh air panas dan minuman kopi segera menetes keluar menuju cangkir saji.

3.     Moka Pot

Pilihan alat yang satu ini memiliki konsep yang mirip dengan teko biasa. Anda bisa menggunakan jenis kopi dengan tekstur sangat halus. Proses penyeduhan kopi memakai moka pot ini dilakukan di atas api kompor. Konsepnya sama dengan teko yang dipakai untuk merebus air. Alat ini akan mengalirkan air yang telah menguap akibat proses pemanasan sehingga melewati bubuk kopi dan jadilah minuman kopi.

4.     V60

Alat bikin kopi yang satu ini sangat sederhana dan menerapkan metode pour over. Bentuk dari V60 menyerupai cangkir biasa namun memiliki motif spiral. Bagian dasar dari V60 memiliki lubang yang digunakan untuk mengalirkan hasil seduhan kopi. Anda bisa meletakkan penyaring kopi kemudian masukkan bubuk kopi dan siram air panas. Seduhan kopi akan keluar lewat lubang menuju gelas saji.

5.     Chemex

Jenis alat yang satu ini sebenarnya memiliki konsep yang hampir sama dengan V60 karena menerapkan metode pour over. Bentuknya menyerupai labu dan terbuat dari kaca. Anda bisa menggunakan kertas penyaring dan bubuk kopi yang diseduh akan menetes masuk ke bak labu tadi. Kertas saring yang dipakai untuk menyeduh kopi menggunakan chemex biasanya lebih tebal dan menghasilkan kopi yang bersih.

Itulah tadi 5 pilihan alat bikin kopi manual yang bisa dimiliki pecinta kopi. Alat-alat ini jelas akan sangat membantu Anda untuk mendapatkan rasa kopi autentik tanpa harus pergi ke kafe. Anda bisa bebas menikmati kopi kapan saja sesuai dengan selera.