Aplikasi Pembukuan Toko yang Membantu Mengatasi Kecurangan Berjualan

Moodah, Aplikasi Pembukuan Toko yang Membantu Mengatasi Kecurangan Berjualan

Ketika berbicara tentang aplikasi pembukuan toko, beberapa kepala pastinya akan langsung tertuju pada catatan masuk dan keluar uang yang digunakan untuk berjualan di toko. Memang, anggapan tersebut tak sepenuhnya salah karena pemilik toko sebaiknya memiliki buku catatan tentang uang masuk dan keluar. Tetapi, saat Anda ingin bisnis toko benar benar berjalan dengan baik, Anda setiap harinya juga harus tahu tentang jumlah barang masuk dan keluar. Dalam istilah keuangannya disebut dengan stok barang masuk dan keluar. Apa sebenarnya kegunaannya mengetahui stock barang di toko?

Mengetahui Penjualan Produk

Salah satu manfaat adanya buku stok barang adalah untuk mengetahui berapa jumlah barang di toko yang sudah laku terjual. Misalnya, ketika pemilik toko dikirimi barang, mereka akan mencatatnya di dalam buku stok masuk. Begitupun ketika barang tersebut sudah laku, penjual akan segera membuat catatan di buku stok keluar. Dengan adanya catatan yang jelas tentang keluar masuknya barang, penjualan toko setiap harinya akan lebih jelas. Pemilik juga bisa menentukan mana barang yang mengharuskannya kulakan lagi dan mana yang tidak.

Mencegah Kecurangan

Dalam aplikasi pembukuan toko, catatan stok barang masuk dan keluar pastilah tidak terlewatkan. Hal tersebut bisa dijadikan sebagai tolak ukur kejujuran para pekerja di toko tersebut. Setiap harinya, pekerja akan diminta untuk menyetok barang masuk dan keluar. Apabila antara barang dan catatan tidaklah sama, maka kemungkinan telah ada kecurangan di dalam toko tersebut. Makanya, Anda tak usah heran mengapa toko toko modern seperti indomaret atau alfamart akan dengan mudah tahu barangnya dicuri karena pekerjanya setiap hari ditugaskan untuk menyetok barang. Jadi, kecurangan dalam bentuk apapun pasti akan terlihat.

Jika Anda sedang berencana membuka toko, Anda tak perlu pusing karena segala catatan keuangan termasuk buku stok barang masuk dan keluar bisa dibuat lewat aplikasi pembukuan toko yang bernama moodah. Anda tinggal membuka aplikasi dan langsung menuju bagian stok barang. Anda tinggal mengisi nama barang dan jumlahnya. Setiap hari, Anda bisa mengupdate stok lewat aplikasi moodah. Dijamin, stok barang dalam toko Anda tidak akan berbeda dengan kondisi nyatanya. Selamat mencoba!