Obat-obat Rumahan yang Gampang Ditemukan Buat Mengatasi Gatal Alergi

Obat-obat Rumahan yang Gampang Ditemukan Buat Mengatasi Gatal Alergi

Alergi merupakan kondisi tubuh yang tidak bisa menerima kandungan zat dari sebuah barang, makanan, minuman, atau produk lainnya yang sebelumnya dikonsumsi. Saat sedang kumat, gatal alergi bisa saja terjadi kapan saja yang ditandai dulu dengan adanya kemerahan dan bentol pada kulit. Saat badan kamu sudah mulai terasa gatal, sebaiknya langsung cari tahu penyebabnya dan atasi dulu dengan tepat.

Kamu tidak harus memakai obat-obatan dari rumah sakit buat menghilangkan rasa gatalnya. Ada beberapa bahan-bahan alami yang gampang kamu temukan di rumah atau di sekitar rumah kamu. Kamu yang tidak mau repot membeli salep atau obat lainnya, bisa menggunakan bahan alami di bawah ini.

  1. Yoghurt

Yoghurt memiliki kandungan probiotik yang lebih tinggi dari bahan makanan lainnya. Tidak heran kalau yoghurt bisa kamu gunakan sebagai pengganti antihistamin dari obat-obatan kimia. Penggunaannya yang lebih aman dan sangat manjur membuat alergi kamu karena gatal bisa cepat berkurang.

Kamu harus tahu kalau antihistamin berfungsi sebagai penghenti sistem kekebalan tubuh yang mengeluarkan reaksi terlalu berlebihan. Sistem imun yang keluar berlebihan akan membuat muncul alergi. Buat ibu-ibu hamil dan sudah memasuki tahap menyusui, sebaiknya konsumsi yoghurt saat sedang mengalami alergi agar bisa menekan tanda-tanda alergi yang juga bisa berdampak ketidaknyamanan buah hati.

  1. Kuaci

Kuaci merupakan cemilan yang sangat pas banget saat menonton film atau berkumpul bersama teman. Selain menjadi makanan cemilan, kuaci juga bisa ampuh mengatasi gatal-gatal karena alergi. Kandungan vitamin E di dalamnya bisa mengurangi peradangan yang berasal dari alergen.

Selain vitamin E, masih ada kandungan antioksidan yang bisa mengurangi kerusakan sel-sel rusak akibat kelebihan histamin dalam tubuh. Tapi sebelum menggunakan kuaci, sebaiknya kamu cari tahu dulu apakah kamu ada alergi terhadap kacang-kacangan atau biji-bijian. Protein pada kuaci mirip dengan kacang mau pun biji sehingga jangan sampai memperparah alergi kamu.

  1. Nanas

Alergi gatal kebanyakan berasal dari alergi debu, tungau, serbuk bunga, mau pun seafood. Kamu bisa mengurangi dampak alergi dengan mengkonsumsi nanas. Perlu diketahui kalau dalam nanas ada kandungan bromelain alami yang bisa mengurangi gejala alergi.

Selain itu, bromelain alaminya juga bisa mengurangi gangguan pernafasan akibat alergi. Selain gatal-gatal, alergi juga bisa mengakibatkan penderitanya mengalami gangguan pernafasan seperti pilek, bersin-bersin, atau hidung tersumbat. Senyawa itu juga termasuk ampuh mengobati asma serta eksim.

  1. Jambu biji

Jambu biji termasuk buah yang sangat gampang ditemukan. Kamu bisa membelinya di pasar atau pedagang buah keliling. Di dalam jambu biji ada senyawa alami yang bisa mengobati gatal alergi. Kandungan vitamin C sudah terbukti mencegah munculnya sel-sel berlebihan akibat produksi histamin. Ketika histamin meningkat, maka akan muncul gejala-gejala umum alergi termasuk gatal-gatal.

Buat mengkonsumsinya, kamu bisa memakannya langsung atau membuatnya menjadi jus. Agar lebih mudah dikonsumsi anak-anak atau kamu yang tidak terlalu suka makan langsung, sebaiknya dijadikan jus saja. Tidak perlu ditambahkan gula lagi agar khasiatnya tidak berkurang.

  1. Bawang bombai

Bawang bombai menjadi bahan dapur yang sering digunakan, tapi juga bisa mengatasi gejala gatal-gatal karena alergi dengan cepat. Kandungan bioflavonoidnya bisa menetralkan sel-sel tubuh yang terkena dampak reaksi berlebihan dari sistem imunnya. Agar alergi gatal-gatal kamu cepat sembuh, sebaiknya tambahkan bawang bombai ke masakanmu atau mengoleskan permukaan kulit yang gatal secara langsung.

Selain menggunakan obat-obatan dari dokter, tidak ada salahnya kamu memakai bahan alami di atas agar lebih efektif menyembuhkan gatal alergi. Rasa gatal berlebihan akan cepat berkurang dengan cepat kalau kamu memakainya secara teratur.