Penyedap Makanan alami yang membuat masakan nikmat

Penyedap Makanan alami yang membuat masakan nikmat

Ketika anda masak, tentu rasa masakan  menjadi salah satu hal yang wajib diperhatikan. Untuk membuat masakan lebih enak biasanya ibu-ibu akan menambahkan penyedap makanan kedalam masakannya agar terasa lebih sedap dan nikmat. Seperti halnya garam dan mrica, bahan satu ini sebenarnya aman akan tetapi jika takarannya melebihi anjuran maka akan sangat berdampak pada kesehatan tubuh dimasa depan. Anjuran mengkonsumsi bahan satu ini yang biasa disebut micin atau MSG tidak lebih dari 1,7 gram per hari. Oleh karena itu, perlu anda perhatikan penggunakan bahan makan satu ini pada maasakan anda.

Dampak negatif penyedap makanan  secara berlebihan

 Sesuatu yang berlebihan memang tidak boleh. Konsumsi micin dengan takaran 0,5 – 1,7 gram per hari umumnya tidak akan menimbulkan efek samping. Akan tetapi, jika penggunaanya berlebihan maka bisa membuat efek yang buruk pada tubuh. gejala yang muncul bisa ringan hingga berat. Akan tetapi, orang yang sensitif terhadap micin atau MSG mungin akan mengalami gejala yang cukup parah. Penelitian mengungkapkan bahwa glutamat pada MSG dosis tinggi dapat bertindak sebagai racun yang menyebabkan kerusakan sel saraf bahkan disebutkan bisa menyebabkan gangguan fungsi otak dan kerusakan berbagai organ. Beberapa penyakit akibat dari MSG berlabih diantaranya adalah penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, dan stroke.

Penyedap Makanan  Alami yang wajib anda ketahui

Dari berbagai masalah efek samping terseebut maka penting bagi kita menemukan bahan alami untuk penyedap makanan  sehingga tidak terlalu buruk efek sampingnya. Bahan ini sendiri biasanya digunakan untuk memberikan rasa gurih yang nikmat dan memperkuat rasa asin dan asam pada makanan. Akan tetapi, efek ini juga bisa kita temui pada bahan alami seperti tomat. Tomat segar sering digunakan dalam berbagai hidangan seperti sop, soto, dan salad untuk memberikan rasa asam yang segar. Namun, tomat sebenarnya juga kaya akan glutamate yaang memberikan rasa umami atau gurih alami. Untuk memperkuat rasa umami ini, tomat bisa diolah dengan cara dibakar atau dipanggang.

Selain tomat, ada bahan lain yang memberikan penyedap yang alami. Bahan tersebut adalah jamur yang memiliki rasa gurih alami yang bisa diolah dengan tepat bisa serupa dengan cita rasa daging. Jika ditumis atau diolah hingga terkaramelisasi, jenis jamur seperti shiitake dan portobello akan memiliki cita rasa gurih semakin kuat. Dengan begitu akan semakin tepat untuk menggantikan MSG sebagai penyedap rasa pada makanan.

Adapun bahan alami lain sebagai penyedap makanan adalah bawang putih dan lada hitam. Bawang putih ini sendiri merupakan salah satu bumbu masak yang bisa ditemukan dengan mudah. Bawang putih bisa digunakan sebagai pengganti MSG. Lada hitam pun juga bisa digunakan sebagai pengganti MSG alami. Tak hanya memiliki rasa pedas yang seringkali membakar lidah, lada hitam juga mampu memberikan cita rasa gurih yang dicari dari penggunaan MSG.