Tips Anti Barang Palsu Saat Belanja Online

Tips Anti Barang Palsu Saat Belanja Online

Semakin mudah kita berbelanja online dengan teknologi yang memanjakan kita. Namun juga masih banyak terjadi kasus penipuan online, mulai dari perbedaan kualitas barang dari yang dipajang dengan yang dkirim, barang yang diterima berbeda, sampai barang ber merk ini yang ternyata palsu. Di Jogjakarta, ada beberapa tempat belanja murah di jogja. Bagaimana menghindari penipuan ketika belanja online tersebut? berikut ada tips membeli barang original

  1. Ketahui Produk yang Akan dibeli

Mengetahui produk yang mai di beli merupakan tips berbelanja online yang cukup efektif untuk menghindari penipuan. Cari tahu dulu berapa harga pasarannya. Dan selalu bandungkan harga terlebih dahulu sebelum membeli.

Untuk selanjutnya, pelajari juga spesifikasi barang tersebut, terutama untuk produk elektronik, Jika perlu hubungi toko melalui kontak yang telah mereka sediakan. Selalu tanyakan sedetail mungkin, dan bisa dirasa si penjual tidak memberikan jawaban yang memuaskan, hal ini patut dicurigai. Kamu juga perlu tahu, apakah barang tersbeut memang dijual di Indonesia atau tidak. Beberapa toko online menjual produk impor secara langsung, sebagai reseller dari merek-merek tertentu, yang tidak dijual di toko fisik. Biasanya harga akan lebih mahal karena ada biaya cukai untuk barang yang masuk secara resmi melalui distributor resmi. Cek dengan teliti sebelum membeli, jangan sampai membeli barang-barang Black Market yang masuk secara illegal.

  1. Cek nama Toko serta Tampilan Website

Pembelanjaan Online harus cermat memilih toko online yang terpercaya. Cek apakah toko tersbuty cukup meyakinkan. Cara termudah untuk melakukam ini adalah memaluai Search engine macam Google hasil pencariannya akan menunjukan reputasi toko. Ulasan pembeli serta info lainnya. Toko yang terpercaya pada umunya akan langsung muncul di halaman pertama. Cara lainnya adlah dnegan melihat apakah websiter tersebut dibuat melalui hosting gratso atau berbayar, biasanya, online shop yang terpercaya memiliki lamat domain sendiri, Ciri hosting gratis misalnya seperti Blogspot.com atau WordPress.com. toko sepeti ini baiasnaya menjual barang-barang palus, walau tidak sesuai jadi juka sudah benar-benar yakin aman, silahkan berbelanja.

  1. Harga yang terlalu Murah

produk asli tidak murah karena semurah-murahnya, pasti tetap dalam batasan harga diatas standar. Produk asli yang di jual murah biasanya sudah terlalu lama modelnya atau second hand, alias bekas paka. Namu napda beberapa kesempatan khsusu, toko online bekerjasama degnan merek terkenal untuk menjual produk secara ekslusif. Walaupun begitu masih ada beberapa toko online yang tidak jujur serta menjuala barang yang tidak sesuai dengan deskripsi websitenya.

  1. Marketplace Platform

Belanja online di marketplace busa menjadi salah satu alternatif yang aman. Marketplace ssaat ini kian menjamur dengan berbagai nama. Platform semacam ini menawarkan metode pembayaran yang aman, dimana uang yang telah dibayarkan, baru akan diberikan kepada toko serta penjual jika barang yang diterima sesuai dnegan yang dipesan. Marketplacer tidak secara langsung memonitor setiap transaksi jual beli yang terjadi pada websiter mereka, namun dnegan sistem yang bagus tersebut, keamanan baik untuk pembeli dan penjualnya sendiri akan lebih terjamin, Ini menjadi salah satu cara untuk mencegah barang palsu di jual sebagai yang asli. Lain halnya nida pada deskripsinya jelas-jelas disebutkan jika baarang yang mereka jual adalah tiruan.

  1. Foto Produk Asli

Toko online yang terpercaya dan menjual barnag atau produk asli akan mencantumkan foto produk tersbeut dnegan kualitas uang baik. Biasnaya foto yang ditampilkan diambil untuk memperlihatkan fitur-fitur dan tampilan produknya yang setelah dibuka dari kemasannya. Beberapa toko juga terkadang memajang foto yang mereka ambil dari websiter resmi prroduk tersebut, dan jika diminya foto asli mereka akan menunjukannya.