Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup Melalui Pengurangan Dampak Efek Rumah Kaca

Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup Melalui Pengurangan Dampak Efek Rumah Kaca

Efek rumah kaca adalah kemampuan bumi untuk menahan panas yang berasal matahari. Panas yang dipancarkan oleh matahari ditahan agar tidak keluar oleh atmosfir yang menyelimuti bumi. sebagai bentuk upaya pelestarian lingkungan hidup, efek rumah kaca harus dijaga agar dampaknya tidak merugikan manusia dan semua makhluk yang ada di bumi.

Berikut ini hal-hal atau tindakan-tindakan yang dapat kita lakukan untuk mengurangi dampak negatif dari efek rumah kaca.

  1. Menanam Pohon atau Tanaman

Di bangku sekolah dasar, kita sudah diajarkan bahwa pohon mampu menyerap karbondioksida dan polusi-polusi yang terdapat di udara. Unsur-unsur ini diperlukan oleh pohon atau tanaman untuk  mendapatkan makanannya yang disebut dengan proses fotosintesis. Sebagai hasilnya, pohon akan menghasilkan oksigen ke udara sebagai hasil dari proses fotosintesisnya.

Dapat dibayangkan apabila terdapat banyak tanaman dan pepohonan maka proses fotosintesis pun dapat terjadi dalam jumlah yang besar pula. Udara yang bisa kita hirup pun menjadi semakin baik dan segar karena zat-zat yang menyebabkan polusi udara menjadi berkurang.

  1. Menggunakan Bahan Bakar Ramah Lingkungan

Bahan bakar kendaraan adalah salah satu bahan yang menghasilkan karbon dioksida. Salah satu solusi yang efektif dalam hal ini adalah dengan mengganti bahan bakar yang digunakan oleh kendaraan dengan bahan yang lebih bersifat ramah lingkungan.

  1. Mengurangi Pemakaian Kantong Plastik yang Sulit Diuraikan

Sampah plastik adalah sampah yang termasuk sulit diuraikan. Oleh karena itu jika tidak benar-benar mendesak, penggunaannya harus dikurangi. Dalam hal ini, cara untuk mengurai plastik yang paling mudah biasanya dengan cara dibakar. Namun jika tidak dilakukan dengan hati-hati, membakar plastik dapat menimbulkan munculnya gas-gas lain yang juga dapat membahayakan kesehatan.

Saat ini penggunaan plastik yang ramah lingkungan mulai banyak ditemui di swalayan-swalayan umum. Plastik ramah lingkungan ini bersifat mudah diuraikan jadi aman digunakan dalam jumlah yang banyak.

  1. Menghemat Penggunaan Energi Listrik

Mengapa energi listrik harus dihemat? Alasannya karena listrik yang kita gunakan berasal dari sumber-sumber pembangkit yang digerakkan oleh bahan bakar yang berasal dari fosil. Bahan bakar ini apabila digunakan dalam jumlah yang besar akan menimbulkan asap dan polusi dalam jumlah besar pula.

Oleh karena itu, dengan menghemat listrik kita secara tidak langsung juga ikut melestarikan lingkungan.

Demikianlah beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengurangi dampak negatif efek rumah kaca. Dalam hal ini, sebagai upaya pelestarian lingkungan hidup, Nestle mulai menggunakan pembangkit listrik yang bersifat lebih ramah lingkungan, yakni dengan berpindah pada penggunaan gas sebagai bahan bakar.

Hal ini adalah wujud dari kepedulian perusahaan makanan dan minuman terbesar di dunia ini untuk mengurangi gas karbon dioksida yang dapat memperburuk dampak negatif dari efek rumah kaca.